Nama :
Elvasari Laylatul Bekti
NPM :
52212474
Kelas :
3 DF 01
Tugas : Asuransi dan Manajemen Risiko 1 ( Softskill
)
HUBUNGAN ANTARA
MANAJEMEN RISIKO DENGAN ASURANSI
Risiko adalah ketidakpastian yang
bakal terjadi dari setiap situasi dan keputusan yang kita ambil. Dalam
mengelelola ketidakpastian risiko tersebutlah di perlukan manajemen risiko. Hanya
saja konsekuensi dari manajemen resiko tersebut adalah berkurang atau hilangnya
sebagian dana kita.
Ada
4 Bentuk-bentuk resiko yang perlu kita ketahui yaitu :
a.
Resiko Murni, adalah risiko yang
akibatnya hanya ada 2 macam: rugi atau break even, contohnya pencurian,
kecelakaan atau kebakaran.
b.
Resiko Spekulatif adalah risiko yang
akibatnya ada 3 macam: rugi, untung atau break even, contohnya adalah judi.
c.
Resiko Partikular adalah risiko yang
berasal dari individu dan dampaknya lokal, contohnya adalah pesawat
jatuh, tabrakan mobil
d.
Resiko Fundamental adalah risiko
yang bukan berasal dari individu dan dampaknya luas, contohnya adalah
angin topan, gempa bumi, banjir dan Badai
Asuransi adalah salah satu bentuk
pengendalian risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan/transfer risiko dari
satu pihak ke pihak lain dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. Sedangkan
menurut KUHD pasal 246 disebutkan bahwa "asuransi atau pertanggungan adalah
suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang
tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena
suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan
dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu".
Dunia asuransi
sudah sangat identik dengan manajemen risiko. karena asuransi adalah salah satu
teknik di dalam manajemen risiko. Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang
menerima pengalihan risiko dari tertanggung. Sehingga aktifitas keseharian
perusahaan adalah mengelola risiko pihak lain.
Tujuan penerapan
manajemen risiko di industri asuransi pada dasarnya tidak berbeda dengan
industri lainnya yakni agar dapat meminimalisir dan mengelola risiko yang
berdampak negatif pada tujuan, visi, dan misi perusahaan. Dalam teori dasar
manajemen risiko, tahapan-tahapannya adalah:
a. menentukan
konteks (ruang lingkup dan tujuan),
b. identifikasi
risiko,
c. analisa risiko,
d. mengontrol
risiko.
e. Review dan
monitoring, Karena risiko bersifat dinamis
Untuk menerapkannya, maka
diperlukan pedoman manajemen risiko yang bisa berisi kebijakan dan prosedur
manajemen risiko. Selain itu harus ada pelaksananya sehingga diperlukan
struktur organisasi manajemen risiko dan siapa saja yang terlibat di dalam
penerapannya.
Untuk tiap jenis perusahaan bisa
berbeda-beda bentuknya, baik kebijakan, prosedur, struktur organisasi, maupun
orang-orang yang terlibat. Dalam hal struktur misalnya, untuk perusahaan besar
mungkin memerlukan satu unit khusus untuk menangani menajemen risiko. Namun
bagi perusahaan lain, fungsi-fungsi manajemen risiko bisa ‘ditempelkan’ pada
unit-unit dalam perusahaan.
Dalam operasionalisasi
perusahaan asuransi selama ini, surveyor adalah mereka yang dianggap berada di
unit manajemen risiko. Tugasnya melakukan survey terhadap objek yang akan
diasuransikan. Surveyor melakukan analisis terhadap objek tersebut dan
menyimpulkan tingkat risikonya. Jika dianggap perlu, surveyor bisa
merekomendasikan perbaikan (risk improvement) objek tersebut agar dilakukan oleh
calon tertanggung. Rekomendasi ini dalam rangka mereduksi peluang risiko atau
mengurangi dampaknya jika kerugian terjadi. Survey risiko adalah salah satu
aplikasi kontrol risiko dalam manajemen risiko yang diterapkan di dunia
asuransi.
Umumnya perusahaan asuransi memfokuskan pada
seleksi risiko (underwriting). Jika berbicara risiko underwriting, manajemen
risiko dilakukan sejak permintaan penutupan dari tertanggung, sampai keputusan
menolak atau menerima pertanggungan. Tidak berhenti di situ, proses manajemen
risiko harus dilakukan sampai penerbitan dan penyerahan polis kepada
tertanggung.
Dalam perspektif holistik, pelaksanaan survey
adalah bagian dari proses manajemen risiko underwriting. Survey juga merupakan
aplikasi prinsip kehati-hatian (prudent underwriting) yang selalu menjadi
paradigma para underwriter. Jika tidak, klaim bisa membengkak. Upaya lain
proses manajemen risiko adalah penempatan reasuransi secara tepat kepada
perusahaan reasuransi yang terpercaya.
Namun demikian tidak hanya itu risiko-risiko
dalam perusahaan asuransi. Sama dengan perbankan yang tidak cuma menghadapi
risiko kredit. Risiko pasar juga bisa menjadi ancaman. Ketidakpastian pasar dan
kondisi perekonomian bisa menjadi masalah tersendiri bagi perusahaan asuransi
yang harus bisa diperhitungkan dan dikendalikan secara cermat.
Dari sisi lain juga kita bisa lihat bahwa
asuransi adalah bisnis jasa atau bisnis ‘penuh janji’. Perusahaan asuransi
memasarkan produk intangible atau produk yang tidak bisa dilihat. Yang dijual
adalah janji akan mengganti kerugian tertanggung jika memenuhi syarat dan
ketentuan polis.
Ada risiko reputasi atau nama baik (brand name)
yang jika tidak dikelola dengan tepat akan menjadi risiko yang mematikan
(killer risk). Seperti diketahui bahwa sudah mulai ada anggapan bahwa asuransi
itu kalau membayar premi bisa lewat ATM, tapi jika mengurus klaim lewat kantor
polisi. Persepsi negatif ini perlu dieliminasi dengan teknik-teknik manajemen
risiko yang tepat.
Secara keseluruhan, hampir di setiap unit dalam
perusahaan asuransi menghadapi risiko. Untuk itu, manajemen risiko di asuransi
nantinya tidak sekedar dalam bentuk kebijakan, prosedur, dan struktur
organisasi. Penerapan manajemen risiko sebisa mungkin diarahkan menjadi budaya
perusahaan. Dengan demikian harus dikomunikasikan kepada manajemen dan semua
karyawan.
Sudah saatnya kalangan asuransi merumuskan
risiko-risiko yang berpotensi menganggu kelangsungan perusahaan. Lebih dari
itu, manajemen risiko dilakukan dengan mempersiapkan rencana darurat
(contingency plan) atas risiko-risiko yang kemungkinan terjadinya cukup tinggi
dan dampaknya besar. Dengan demikian, risiko yang mengancam tujuan perusahaan
bisa dikendalikan dengan baik.
Sumber :
The Casino is Getting A New Player Account on
ReplyDeleteThe casino 경상북도 출장샵 has 삼척 출장샵 signed up a player account and it's up to the 의정부 출장안마 player to get the welcome offer of up to 광명 출장샵 $1,000 성남 출장샵 when you deposit money into their